Langsung ke konten utama

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Dengan BENAR

Cara menulis daftar pustaka dari internet penting untuk dipelajari karena ketika masuk kedalam dunia perkuliahan penulisan karya ilmiah tidak bisa lepas dari referensi hasil browsing diinternet. Meski sekarang ini sudah banyak yang mencari informasi didunia internet ntuk membantu dalam penulisan karya ilmiah atau lain sebagainya tapi sayangnya banyak dari mereka yang melupakan untuk mencantumkan sumber internet didalam daftar pustakanya.
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Dengan BENAR

Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet Yang Benar

Kita tidak boleh sembarangan dalam melakukan penulisan daftar pustaka dari internet sebab dalam setiap penulisan ilmiah memiliki kaedah penulisan baku dan tidak berubah dalam waktu yang cukup lama. Kesalahan dalam penulisan daftar pustaka dari internet akan membuat hasil penulisan kita menjadi salah, contoh ! apabila anda membuat sebuah makalah pendidikan yang bersumber dari internet maka bisa jadi tugas yang anda kerjakan mendapat nilai C karena cara penulisan daftar pustaka dari internet anda salah.

Manfaat dari penulisan daftar pustaka dari internet yang benar, yaitu :

1. Mempermudah pembaca mengorek ilmu pengetahuan lebih banyak. Dengan daftar pustaka yang benar maka pembaca dapat langsung menuju situs yang tercantum untuk kemudian menambah informasi yang berkaitan dengan tema dari penulisan anda.

2. Menghargai karya orang lain. Tulisan seseorang diinternet itu tidak semuanya asal copypaste atau menjiplak sepenuhnya. Bahkan ada peneliti yang serius dan sungguh-sungguh dalam membuat sebuah artikel diinternet. Oleh karena itu, menuliskan sumber yang jelas akan memberikan sedikit penghargaan pada penulisnya.

3. Menghindari lisensi/copyright. Tulisan yang berada di website yang di kelola secara komersial tidak bisa kita ambil sembarangan, banyak dari website-website komersial yang mewajibkan bagi orang yang mengambil informasi dari websitenya untuk menuliskan link apda hasil karyanya. Bagi yang melanggar ketentuan bisa dituntut dalam pengadilan. Oleh sebab itu agar kita aman dalam pengambilan informasi dari internet maka kita harus mencantumkan sumber internet di dalam daftar pustaka.

Pedoman Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet yang Benar

Cara menulis daftar pustaka dari internet sebenarya tidak susah sebab anda tinggal mengikuti petunjuk dan pedoman yang ada. Berikut pedoman penulisan daftar pustaka dari internet, di antaranya yaitu :

• Untuk memahami bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internetyang benar, berikut ini adalah dua karakter dasar yang wajib diketahui sebelum anda melakukan browsing / surfing di internet.

• Pertama, WWW( World Wide Web ). Alamat Situs biasanya diawali dengan WWW, lalu nama web itu sendiri. Misal apabila kita membuka URLnya google, maka dengan mengetikkan “google.com”, awalan WWW akan muncul dengan sendirinya menjadi www.google.com.

• Kedua, jenis organisasi yang biasanya diterangkan dibagian akhir alamat web. Kamu bisa mengetahui situs serta otoritas sebuah web dengan melihat TDL (Top Level Domain). Misal go.id digunakan oleh pemerintah, dimana “go” menunjukkan government (pemerintah) dan “id” (Indonesia) menunjukkan nama Negara. Misal website kementerian pendidikan nasional, "kemendikanas.go.id".


Cara menuliskan daftar pustaka dari internet yang selanjutnya yaitu menghidari pemakaian sumber-sumber TDL yang paling banyak digunakan seperti .com yang menandakan web tersebut adalah web komersial (commerce) dan web dengan TDL ini (.com)biasanya memuat berita serta informasi yang tidak dianjurkan untuk dirujuk dalam penulisan daftar pustaka.

Intinya carilah web yang contributornya dapat dipercaya jangan asal mencari referensi tapi tak tau kebenaran tulisan yang di publish.

Langsung saja berikut cara menulis daftar pustaka dari internet yaitu dengan menyebutkan nama penulisnya, tanda koma, tahun (bila ada), tanda koma, alamat website atau situsnya, tanda titik, dan tanggal pengaksesan website.

Contohnya penulisan daftar pustaka dari internet :

• Mariana, D & Paskarina, C. 2005., Peningkatan alokasi APBD – Membiayai Sektor Pendidikan. http://www.pikiran-rakyat.com. Diakses pada tanggal 10 Nopember 2010.

• Millah, S., Meringankan Beban Pendidikan Rakyat Miskin, Mereka Tak Cuma Butuh Bantuan SPP. www.Google.co.id. Diakses pada tanggal 10 Nopember 2010.

• Suharsaputra, U., 2007., Quality of Education. http://nalarekonomi.blogspot.com. Diakses pada tanggal 10 Nopember 2010.

Demikian cara menulis daftar pustaka dari internet dengan benar. Cara penulisan diatas adalah yang umum di pakai diberbagai universitas, adapun jika terdapat perbedaan maka perbedaan itu tidak besar.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Komik Sendiri

Menurut Wikipedia, Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. dapat disingkat cerita bergambar, bagi anda yang tidak hanya memiliki kesukaan dalam mebaca saja tetapi ingin berkarya dalam membuat komik, jangan bingung tentang langkah-langkahnya, disini akan kami uraikan mengenai Cara membuat komik. anda minat untuk mengikuti admin ini...!! Komik sangat bermacam-macam jenisnya sepertii komik, Komik blue, komik islam, komik malaysia, dan masih banyak lagi jenis-jenis komik yang tersebar di Indonesia, akan tetapi dalam hal ini, admin ini hanya mengupas tentang Caranya. Bagi kawan-kawan yang berkehendak menjadi seorang pencipta komik, anda harus menyimak sajiann ini, tanpa anda mebuat torehan komik, anda tidak akan bisa kami sebut seorang pencipta komik. Oke!!! Ya,,,,dibawah ini Cara dasar membuat komik, bagi anda yang hendak mend

Cara Membuat Layang-layang kupu-kupu dari bambu

Cara membuat layang-layang , kemajuan sebuah jaman mempengaruhi semuanya, salah satunya yaitu permainan anak-anak jaman dulu, ketika jaman dulu pasti anak lebih suka bermain layang-layang dari pada belajar dirumah, hal ini kenapa demikian dikarenakan anak-anak lebih suka kesenagan dari pada ketika disuruh untuk belajar. Untuk zaman ini anak lebih suka bermain game, baik play station, Internetan dan lain sebagainya. sehingga kemajuan jaman berdampak pada akan punahnya permainan anak-anak jaman dulu yang sudah tergantikan oleh play station. tapi anda jangan panik kyakinan dan keuletan dalam mendidik anak akan dapat menghasilkan anak yang berprestasi, simak saja ulasan mengenai Cara mendidik anak. Oke sedikit ulasan mengenai sebuah cara mendidik, karena admin ini sangat mengkhawatirkan tentang hal itu. langsung saja ke pokok kali ini yaitu layang-layang, Layang-layang adalah sebuah permainan jaman dulu yang sekarang digemari oelh kalangan orang tua, yang sifatnya yaitu Layangan Hias

Prediksi Akurat Juara Piala Dunia 2022 Oleh Universitas Oxford, Menggunakan Teori Probabilitas

University of Oxford telah merilis hasil pemodelan dengan ilmu matematika untuk memprediksi siapa yang berpeluang menjadi juara di Piala Dunia 2022 Qatar. Studi ini telah menganalisis data peringkat tim yang berfokus di setiap pertandingan internasional tim utama sejak tahun 2018. Dikutip dari laman Sport Bible, Brasil menjadi negara yang paling memiliki peluang terbesar untuk menjuarai di aajang Piala Dunia 2022 Qatar. Peluang dari Negeri Samba untuk memenangkan Piala Dunia 2022 adalah 14,72 persen. Kemudian Argentina menempel di peringkat selanjutnya dengan peluang kemungkinan 14,36 persen, lalu diikuti Belanda 7,84 persen, Spanyol 7,03 persen, dan juga Perancis sebesar 6,37 persen. Setelahnya ada Belgia (6,31 persen), Portugal (5,60 persen), lalu Denmark (4,94 persen), Jerman (3,84 persen), dan Uruguay menyusul dengan (3,55 persen).  Sementara Inggris yang notabene dengan liga terkuat disebutkan hanya memiliki peluang 3,41 persen untuk dapat menjuarai Piala Dunia 2022 atau dengan ka