Langsung ke konten utama

Cara Mudah Menghafalkan Sesuatu

Cara mudah menghafalkan sesuatu, kenapa sesuatu ? karena artikel cara menghafal kali ini tidak di spesifikkan menghafal rumus matematika, menghafalkan alqur'an, menghafal materi sekolah, menghafal angka-angka atau lainnya sebagainya melainkan artikel kali ini mengenai bagaimana mengasah otak agar cepat menghafalkan apa yang kita inginkan.

Menghafal merupakan sebuah proses merekam sesuatu untuk disimpan dalam memori otak kita agar sewaktu-waktu kita membutuhkan dapat mengingatnya kembali secara utuh. Cara menghafal tiap orang berbeda-beda, ada yang bisa menghafal di suasana ramai atau ditemani mendengarkan musik ada yang harus ditempat sepi agar tidak mengganggu konsentrasi.

cara cepat dan mudah menghafal

Bagaimana cara mudah menghafal dengan baik ?

1. Mnemonic
Apa itu mnemonic? mnemonic adalah teknik / cara menghafal yang lebih bersifat abstrak. Jadi dalam  teknik menghafal ini caranya yaitu dengan mengubah kata abstrak menjadi sebuah benda nyata yang dapat dibayangkan.

Cara menghafal dengan tipe sistem Mnemonic dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Sistem gambaran.
Sistem gambaran meurakan teknik menghafal abstrak dengan cara menggambarkan kata-kata abstrak tersebut menjadi nyata

Contoh sistem gambaran :
Yogyakarta dapat digambarkan dengan Borobudur.

Jakarta akan lebih mudah kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.
Gembira dapat digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.

b. Sistem persamaan bunyi.
Sistem persamaan bunyi merupakan teknik menghafal abstrak berdasarkan pada bentuk persamaan bunyinya.

Contoh sistem persamaan bunyi :
Irak akan lebih mudah diingat jika kita mengggantinya dengan mencoba mengingatnya dengan kata rak
sedang singapura lebih mudah kita ingat dengan cara mengingat kata singa

2. Memory Sport
Otak manusia itu seperti otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga / rajin mengolahragakan otot-otot kita, tentu otot kita juga akan menjadi lebih kuat. Tidak berbeda jauh dengan otak kita,jika  kita rajin mengolahragakan otak, maka otak kita pun akan menjadi lebih kuat. Sebaliknya, jika kita malas dan tidak pernah mau mencoba mengasah otot / otak kita, tentu kemampuan keduanya juga akan melemah..

Cara mengasah otak kita? salah satu cara mengsah otak kita yaitu dengan cara memory sport. Anda tentu tahu TTS (teka teki silang usahakan sesering mungkin untuk mengisi TTS, semakin banyak kita belajar/mengisi TTS, maka akan semakin bagus hasilnya. Inilah salah satu cara paling mudah dan murah untuk mengolahragakan otak kita. Dengan mengisi TTS tersebut, secara tidak langsung otak anda akan menjadi sangat terasah untuk dapat mengolah kata dan mengingat.


3. Story Sistem
Story system adalah teknik mengingatsegala  informasi dengan menggunakan cara menghubungkan informasi satu dengan informasi lainnya agar dapat dijadikan sebuah cerita.

Contoh Story system :
Misalnya saja, ada beberapa kata yaitu burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah

Bandingkan rentetan kata-kata yang harus dihafalkan diatas dengan kalimat dibawah.

Burung memakai baju, terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

Bagaimana ? lebih mudah menghafalkan yang berbentuk kalimatkan ?

4. Relation Sistem
Relation sistem merupakan salah satu teknik mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara aksi. cara ini sangat sering digunakan untuk menghafal sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama sungai dan provinsinya, nama negara dan ibu kotanya, vocabulary dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya.


Contoh relation sistem :
Kuda menabrak tong
Andi makan rujak

Dari contoh tersebut, kita bisa melihat bahwa kata menabrak dan makan adalah relation sistem aksi. Aksi tersebut berfungsi untuk kalimat utama pemicu agar dapat menarik dan memperjelas informasi yang ada didepannya. Sehingga informasi yang terletak didepannya tidak akan lupa

Itulah 4 cara mudah menghafalkan sesuatu yang +Doa doel lansir dari google. Selamat mencoba.

Cara menghafal - menurut pengalaman pribadi.

sebelum admin tau keempat cara tadi admin juga sudah pernah mengalami proses hafal menghafal saat admin masih duduk di bangku sekolah dulu, menghafalkan pelajaran-pelajaran sekolah karena akan diadakannya ujian

Bagaimana cara menghafal menurut admin ?

Dulu admin lebih suka belajar pada waktu sepertiga malam terakhir yaitu jam 03.00 pagi setelah bangun tidur, cara yang dianjurkan oleh orang tua dan menurut saya memang sangat ampuh. keadaan otak yang masih kosong karena baru bangun tidur suasana yang sepi sehingga kita dapat berkonsentrasi dengan penuh untuk menghafalkan.

Jangan cuma sekali, lakukanlah proses menghafal secara berulang-ulang. misal hari ini kita menghafalkan a maka besok kita mengulang menghafal A dengan ditambah B, besoknya lagi kita menghafalkan A, B dan C begitu seterusnya agar informasi yang ingin kita hafalkan tercetak jelas dalam rekam otak kita.

INGAT !! tidak ada orang bodoh dimuka bumi ini yang ada orang yang terlatih dan tidak terlatih, itulah sebuah wejangan yang selalu saya pegang teguh agar tetap bersemangat dan mau bersaing dengan orang lain.

Demikian artikel Cara mudah menghafal yang bisa admin berikan semoga bermanfaat dan teruslah mencoba.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Komik Sendiri

Menurut Wikipedia, Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. dapat disingkat cerita bergambar, bagi anda yang tidak hanya memiliki kesukaan dalam mebaca saja tetapi ingin berkarya dalam membuat komik, jangan bingung tentang langkah-langkahnya, disini akan kami uraikan mengenai Cara membuat komik. anda minat untuk mengikuti admin ini...!! Komik sangat bermacam-macam jenisnya sepertii komik, Komik blue, komik islam, komik malaysia, dan masih banyak lagi jenis-jenis komik yang tersebar di Indonesia, akan tetapi dalam hal ini, admin ini hanya mengupas tentang Caranya. Bagi kawan-kawan yang berkehendak menjadi seorang pencipta komik, anda harus menyimak sajiann ini, tanpa anda mebuat torehan komik, anda tidak akan bisa kami sebut seorang pencipta komik. Oke!!! Ya,,,,dibawah ini Cara dasar membuat komik, bagi anda yang hendak mend

Cara Membuat Layang-layang kupu-kupu dari bambu

Cara membuat layang-layang , kemajuan sebuah jaman mempengaruhi semuanya, salah satunya yaitu permainan anak-anak jaman dulu, ketika jaman dulu pasti anak lebih suka bermain layang-layang dari pada belajar dirumah, hal ini kenapa demikian dikarenakan anak-anak lebih suka kesenagan dari pada ketika disuruh untuk belajar. Untuk zaman ini anak lebih suka bermain game, baik play station, Internetan dan lain sebagainya. sehingga kemajuan jaman berdampak pada akan punahnya permainan anak-anak jaman dulu yang sudah tergantikan oleh play station. tapi anda jangan panik kyakinan dan keuletan dalam mendidik anak akan dapat menghasilkan anak yang berprestasi, simak saja ulasan mengenai Cara mendidik anak. Oke sedikit ulasan mengenai sebuah cara mendidik, karena admin ini sangat mengkhawatirkan tentang hal itu. langsung saja ke pokok kali ini yaitu layang-layang, Layang-layang adalah sebuah permainan jaman dulu yang sekarang digemari oelh kalangan orang tua, yang sifatnya yaitu Layangan Hias

Prediksi Akurat Juara Piala Dunia 2022 Oleh Universitas Oxford, Menggunakan Teori Probabilitas

University of Oxford telah merilis hasil pemodelan dengan ilmu matematika untuk memprediksi siapa yang berpeluang menjadi juara di Piala Dunia 2022 Qatar. Studi ini telah menganalisis data peringkat tim yang berfokus di setiap pertandingan internasional tim utama sejak tahun 2018. Dikutip dari laman Sport Bible, Brasil menjadi negara yang paling memiliki peluang terbesar untuk menjuarai di aajang Piala Dunia 2022 Qatar. Peluang dari Negeri Samba untuk memenangkan Piala Dunia 2022 adalah 14,72 persen. Kemudian Argentina menempel di peringkat selanjutnya dengan peluang kemungkinan 14,36 persen, lalu diikuti Belanda 7,84 persen, Spanyol 7,03 persen, dan juga Perancis sebesar 6,37 persen. Setelahnya ada Belgia (6,31 persen), Portugal (5,60 persen), lalu Denmark (4,94 persen), Jerman (3,84 persen), dan Uruguay menyusul dengan (3,55 persen).  Sementara Inggris yang notabene dengan liga terkuat disebutkan hanya memiliki peluang 3,41 persen untuk dapat menjuarai Piala Dunia 2022 atau dengan ka