Cara mengajukan surat pengunduran diri haruslah secara baik-baik, meski ada banyak alasan mengapa seseorang ingin keluar dari tempat kerjanya yang sekarang entah karena kemarahan pada bos, sesama rekan kerja atau yang lainnya, bisa juga karena gaji yang gak cukup. Apapun alasan anda bukan berati anda harus keluar dengan cara yang kurang sopan.
Dan kenapa surat pengunduran diri harus diajukan secara baik-baik, alasannya karena bagaimanapun perjalan pekerjaan anda saat ini atau istilahnya track record anda juga akan mempengaruhi pencarian pekerjaan anda untuk kedepannya.
Saat anda menulis surat pengunduran diri, penting untuk anda agar membuatnya menjadi lebih sederhana, singkat, dan harus positif. Surat pengunduran diri diharuskan mencakup segala informasi mengenai alasan pengunduran diri anda. Berikut ini beberapa bagian yang harus disertakan dalam surat pengunduran diri anda :
Hal yang harus diingat dalam surat pengunduran diri pekerjaan anda adalah untuk tetap mengundurkan diri secara profesional seperti saat anda memberikan surat lamaran kerja
Dan kenapa surat pengunduran diri harus diajukan secara baik-baik, alasannya karena bagaimanapun perjalan pekerjaan anda saat ini atau istilahnya track record anda juga akan mempengaruhi pencarian pekerjaan anda untuk kedepannya.
Berikut Tips Pengajuan Surat Pengunduran Diri
1. Memberitahu Pengunduran Diri
Untuk mengajukan pengunduran diri, berikanlah pemberitahuan lebih dulu misal dengan menulis surat pengunduran diri yang sederhana seperti contoh surat pengunduran diri dan bersiap-siaplah untuk pindah sebelum mengajukan surat pengunduran diri tsb. itikat pengunduran diri yang baik adalah dengan memberitahukan atasan anda lebih dulu sebelum memberitahu rekan kerja anda. Hal ini akan mencegah kabar dari selentingan mengenai pengunduran diri anda.2. Memberikan waktu pemberitahuan
Memberikan pemberitahuan selama 2 minggu merupakan waktu standar saat mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan. Namun jika anda masih memiliki kontrak kerja ataupun perjanjian kerja lainnya ikutlahi pedoman kontrak tersebut.3. Email pengunduran Diri
Jika mungkin dengan bicara langsung sulit untuk dilakukan, dengan mengirim email pengunduran diri lebih baik untuk pemberitahuan pengunduran diri secara pribadi. Kemudian di ikuti dengan surat pengunduran diri resmi.4. Tinjau Surat Pengunduran Diri
Bagian yang paling penting dalam pengunduran diri adalah saat anda menulis surat pengunduran diri itu, karena biasanya tidak mudah. Sangat penting untuk memasukkan alasan mengenai pengunduran diri ada. Ini juga penting agar tidak mengatakan terlalu berbelit-belit alasan didalam surat pengunduran diri Anda. Tinjau surat pengunduran diri kembali untuk membuatnya lebih simpel.Tips Pembuatan Surat Pengunduran Diri
Saat anda menulis surat pengunduran diri, penting untuk anda agar membuatnya menjadi lebih sederhana, singkat, dan harus positif. Surat pengunduran diri diharuskan mencakup segala informasi mengenai alasan pengunduran diri anda. Berikut ini beberapa bagian yang harus disertakan dalam surat pengunduran diri anda :
- Ucapan terima kasih kepada atasan, atas kesempatan yang telah dimiliki selama bekerja di perusahaan tersebut
- Buat surat pengunduran diri dengan bahasa yang tidak berbelit-belit dan langsung pada alasan pengunduran diri
- Gunakan tata bahasa yang santun dan tidak menjelek-jelekkan perusahaan sebelumnya
- Perhatikan penulisan setiap kata-katanya benar dan terhindar dari kesalahan arti
Hal yang harus diingat dalam surat pengunduran diri pekerjaan anda adalah untuk tetap mengundurkan diri secara profesional seperti saat anda memberikan surat lamaran kerja